[Tips] Membuat Link Perpindahan Menjadi Smooth

Ketika sebuah “Link a href” yang terdapat dalam halaman web kita diklik, meskipun link tersebut menuju ke halaman kita sendiri, sebenarnya seluruh halaman ikut berubah, termasuk header-headernya. Padahal header itu akan selalu sama dimanapun saja link fitur web kita di klik. Hal ini akan sangat terasa lambat jika halaman header memuat gambar yang cukup besar, dan lebih-lebih pada koneksi internet yang kurang memadai.

Ada satu trik dimana ketika sebuah link / hyperlinks diklik maka hanya akan berubah elemen yang dimaksud. Perpindahannya juga dapat disiasati dengan cara yang lembut dan menggunakan waktu yang cukup sehingga proses yang lama akan terasa tetap terlihat tidak kaku. Caranya adalah dengan menggunakan sebuah fungsi JQuery, yang tentu kita harus meload JQuery lebih dulu dalam halaman kita.

Yang jelas, kita harus lebih dulu menetapkan elemen yang akan berubah, dalam kasus ini saya ambil #content, atau div id=content. Selanjutnya, pada a href yang akan kita set kita beri class, dalam hal ini saya berikan class = bms_fade. Letakkan script ini di awal halaman, selanjutnya ketika a href yang ber class bms_fade itu di clik, akan segera muncul perpindahan, hanya pada contentnya saja.. Silakan atur waktu set time outnya :), selamat mencoba

//perhatikan versi dan letak jquery.. cari yang terbaru



Sedangkan kode a nya akan menjadi seperti berikut:

INI LINK nya

Bagian yang akan terload adalah

// // //

2 thoughts on “[Tips] Membuat Link Perpindahan Menjadi Smooth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *