Nambah Memory Linux tanpa Beli RAM

nambah memory linux - download ram

Masih ingat meme tengil ini? Seorang anak yang mengaku dapat mendownload RAM? Sebenarnya kisah si anak ini tidak halu-halu amat (istilah anak jaman sekarang). Ternyata anak ini visioner sekali.

Kisah saya begini. Saya dulu sempat terpaksa beli laptop dengan harga yang tidak terlalu mahal karena budget nggak ada. Laptop lama adalah Lenovo juga, tapi sudah megap-megap processornya. Saya beli Lenovo ideapad 110-14IBR, tahun 2017. Laptop ini saya cek di Linux Live-USB konon upgradable hingga 8G. Sementara yang kepasang sekarang 2G. Karena buru-buru dipakai, ya tak beli saja. Ada si Windowsnya, tapi saya nggak suka 😜. Bertahun pakenya Linux terus yoo… No Windows required.

Tahun 2019 saya ingin upgrade RAM, memaksimalkan kapasitas yang ada. Harusnya sih demikian ya… Saya cek di dmidecode memang seperti itu seharusnya.

nambah memory linux

Setelah sampai di sebuah toko di Jogja , Els Computer… Dinyatakan vonis diagnosa : Laptop saya nggak bisa ditambahi RAM. Pusinglah saya. Ya sudahlah, saya bertempur berjuang apa adanya dengan memory 2G. Linux Mint ini. Coba kalau Windows… sudah gawat kondisi kejiwaan saya. Ya saya rajin-rajin mengamalkan clear cache seperti di https://blogit.bimosaurus.com/2012/07/23/clear-memory-linux-tanpa-restart/.

 

SSD menyelamatkanku…

2021, seorang teman menjual SSD berikut Caddy CD ROM nya pada saya. Wah dengan senang hati saya terima. Hardisk saya taruh di Caddy CDROM, dan SSD saya taruh di slot SATA Hardisk. Install Linux Mint terbaru. Saya cek IOSpeednya, yang semula saya cuma dapat 2-10MB/s sekarang ratusan.. Not bad lah

nambah memory linux

Oh ya, saya mengetest dengan situs : https://bench.sh untuk testing ini semua. Sebuah situs yang hebat. Dibuka di browser dan dengan di console akan beda.. Dia membedakan user agent nya. Saya memfungsikan SSD sebagai sistemnya, Hardisk (spinning disk), sebagai penyimpanan datanya. Ingat bahwa kerusakan SSD itu mungkin sekali akibat electrical case. Sementara hardisk akan banyak bermasalah karena magnetis dan mekanis.

Kemudian, saya mencoba menambahkan swap di SSD tersebut, sebagai tambahan memory. Logika saya, karena elektris, dia kecepatannya akan mirip memory RAM. Maka sangat mungkin membuat swap memory setara RAM. Nah begini… Saya membuat sebuah file kosong sebesar sekian Giga. Kemudian file tersebut saya format sebagai swap, dan diaktifkan sebagai swap. Hingga sekarang, kecepatan Laptop jarang saya rasakan lambat. Lumayan sih untuk pekerjaan server. Berpuluh tab chrome, sekian aplikasi berbasis java, mysql dan postgresql berjalan bersamaan, juga alhamdulillah masih kenceng saja.

Nah yang buat mau tau syntax-nya, bisa dicoba ini. Dicoba dulu lho ya…

dd if=/dev/zero of=/var/swapfile bs=1M count=1024
mkswap /var/swapfile
swapon /var/swapfile

 

Kemudian agar dia jalan sebagai startup, dapat dimasukkan di /etc/fstab

echo '/var/swap.1 swap swap sw 0 0' >> /etc/fstab

Nah, setelah anda mencoba, cobalah lakukan pembukaan program, dan lihat di htop. Maka kata-kata visioner dari “Hacker Download RAM” itu makin nyata. Bahwa kita memang bisa menambah memory linux tanpa harus beli RAM. Meski sebaiknya beli siih..hahahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *